Destinasi Wisata Murah di Dieng, Wonosobo!

Dieng merupakan primadona untuk para wisatawan, bukan tanpa alasan, ini karena mereka ingin merasakan sensasi berlibur dengan suasana dari pegunungan yang masih asri. Bukan hanya karena udara yang sejuk, wisata dieng memiliki suguhan alam yang sangat menawan dan mampu membuat para wisatawan terkagung – kagum.

Dapat dikatakan di sini, wisawa Dieng merupakan spot liburan yang tidak akan pernah sepi akan pengunjung. Bukan hanya turis dalam negeri, nyatanya banyak juga wisatawan asing yang ingin melihat secara langsung keindahan Dieng.

Berikut ini adalah beberapa tempat berlibur di Dieng terbaik dengan budget yang minim!

Wisata Dieng Favorit

1.Bukit Sikunir

Pertama adalah Bukit Sikunir yang memiliki ketinggian 2.300 m, di atas permukaan laut. Bukit ini merupakan tempat dengan pemandangan matahari yang terbit paling menyenangkan untuk dikunjungi. Untuk bisa mencapai puncak Bukit Sunir tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya membutuhkan waktu berkisar 30 – 60 menit saja.

Jika cuaca di bukit sedang cerah berawan, Anda akan dapat merasakan sensasi melihat 4 gunung yang paling terkenal di Jawa Tengah. Gunung – gunung tersebut adalah Merbabu, Sindoro, Merapi, dan Sumbing.

2.Candi Arjuna

Jika biasa banyak candi yang hanya digunakan sebagai tempat bersejarah untuk kunjungan wisata saja, berbeda dengan Candi Arjuna yang hingga kini masih aktif dijadikan sebagai tempat ibadah oleh warga sekitar yang beragama Hindu. Mereka akan beribadah di tempat ini ketika sedang hari raya Galungan.

3.Telaga Warna

Kalau ingin berlibur atau berwisata ke Dieng pada musim kemarau, kamu harus coba datang ke Telaga Warna. Karena di sini, kamu akan berkesempatan untuk melihat perubahan warna yang terjadi di telaga. Telaga ini dapat berubah warna dari merah, hijau, biru, bahkan kuning.

Perubahan warna ini menurut mitos yang ada, terjadi karena pusaka yang jatuh milik Cupu Manik Astagina. Tetapi sebenarnya menurut penjelasan ilmiah, penyebabnya adalah ekosistem pada telaga tersebut.

4.Gunung Prau

Jika kamu merupakan orang yang gemar melakukan Hiking, tidak ada salahnya untuk coba mengunjungi Gunung Prau. Lokasi ini adalah tempat yang pas untuk kalian yang menyukai aktivitas mendaki. Dengan ketinggian hampir 2.600 mdpl, Gunung Prau menjadi gunung dengan puncak yang paling tinggi di Dieng.

Kalau dibandingkan dengan proses pendakian gunung lain, mendaki gunung ini hanya membutuhkan waktu yang cepat. Mayoritas pada pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam untuk bisa mencapai puncak. Ketika sudah di puncak dan melihat sunrise, dijamin semua beban pikiran yang dimiliki akan menghilang.

5.Kawah Sikidang

Masih berada pada kawasan Gunung Prau, kini kita lihat eloknya kawah vulkanik yang masih aktif di sana. Sebenarnya terdapat banyak kawah vulkanik yang bisa dikunjungi di gunung itu. Tetapi kawah Sikidang ini merupakan yang paling banyak dikunjungi. Sebelum datang ke sini, pastikan Anda datang dengan mambawa masker, ya. Karena aroma belerang yang ada di sini cukup tajam.

6.Kawah Sileri

Tidak kalah dengan Kawang Sikidang, ada juga kawah Sileri yang berada di desa Kepakisan. Di sini Anda bisa mampir dan melihat kawah Sileri sambil menuju ke pemandian air hangat Bitingan untuk sekedar beristirahat. Meskipun bisa dikatakan lebih aktif dan lebih sering meletus dibandingkan dengan Kawah Sikidang, tidak membuat berkurangnya wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

7. Lubang Sewu

Terakhir ada Lubang Sewu yang tampak seperti Grand Canyon ketika suasana sedang kering karena kemarau. Meski saat berkunjung sedang musim penghujan, Anda dapat melihat Lubang Sewu yang dipenuhi dengan air dan juga ikan – ikan yang bersembunyi di celah – celah lubang.

Nah, itulah 7 tempat wisata murah dan terfavorit di Dieng. Apakah Anda sudah menentukan destinasi mana yang Anda pilih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *