Tips Perawatan Motor Sebelum Touring

Untuk para bikers saat dalam melakukan perjalanan jauh seperti Touring, kalian harus melihat kondisi kesehatan motor anda. Memang biaya yang dibutuhkan untuk perawatan akan jauh lebih banyak dibandingkan membeli sebuah motor. Namun kita tetap wajib memperhatikan hal tersebut demi kemanan diri kita sendiri.

Perawatan Motor Sebelum Touring

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan dan dilakukan khususnya pada saat anda akan melakukan touring:

  • Cek Oli

ganti oli

Oli mesin berfungsi untuk melumasi mesin mulai dari piston, ring, dan bagian penting lainnya dari sparepart dalaman motor anda. Perhatikan apabila oli sudah tidak kental dan menjadi hitam, tanda nya anda harus cepat – cepat mengganti oli anda. Kendala yang akan terjadi jika anda jarang mengganti oli adalah selain motor cepat rusak, performa saat digunakan juga membuat anda tidak nyaman.

  • Cek Rantai Motor

Cek Rantai Motor

Bagi bikers yang menggunakan motor bebek, anda wajib mengecek bagian tersebut karena banyak kejadian yang jika rantainya kendur maka bisa putus tiba – tiba. Rantai yang kering juga perlu kamu berikan oli khusus rantai.

  • Cek Aki

Cek Aki

Jika motor kamu masih menggunakan aki kering, kamu harus banget sering – sering cek kondisinya. Karena banyak pengalaman dimana saat orang tidak memperhatikan kesehatan akinya, tiba – tiba motor mereka berhenti begitu saja di tengah jalan. Tentu ini sangat membahayakan pengendara lainnya juga. Meskipun aki basah ketika habis bisa di charge namun tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada kesulitan lain jika akinya mengering, karena belum tentu kamu bisa langsung menemukan bengkel yang bisa mencharging aki tersebut.

  • Periksa Tekanan Angin Ban

Tekanan Angin Ban

Tekanan angin yang ada di motor usahakan agar tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Jika ban motor terlalu kencang akan ada kemungkinan ban tersebut bocor atau pecah. Sedangkan ban yang lembek bisa berbahaya, karena bisa membuat ban motor anda selip dan berpotensi dalam terjadinya kecelakaan. Sesuaikan ukuran ban dengan ukuran body motor juga agar tetap imbang dalam kondisi berkendara.

Leave a Comment