Syarat Mengakses Pesawat Untuk Berpergian Saat Pandemi

Aktivitas traveling menjadi sedikit terhambat akibat pandemi Covid-19. Banyak orang masih khawatir untuk ulang berwisata. Bagi mereka yang masih khawatir namun menginginkan berlibur, staycation ke tempat terdekat sanggup menjadi pilihan. Namun, ada termasuk yang sudah berani berlibur ke luar tempat atau punyai urusan mutlak di luar kota.

Jika menginginkan ulang berkunjung ke destinasi wisata di Indonesia, terlebih naik transportasi umum, kamu harus mempunyai sebagian dokumen atau berkas tambahan sebagai syarat bepergian. Baik transportasi udara, darat, dan laut, hingga kini penumpang harus menyertakan surat keterangan rapid test non-reaktif atau swab test PCR negatif. Masih ada sebagian dokumen lainnya yang harus disiapkan sebelum saat berangkat liburan.

Persyaratan Penerbangan Kondisi Pandemi

Selama pandemi, terlebih di jaman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jakarta, ada sebagian perihal yang harus kamu cermati kalau bepergian pakai pesawat. Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengimbau para calon penumpang yang dapat berangkat maupun tiba di Bandara Soekarno-Hatta agar mencermati lima perihal tersebut ini:

Penumpang pesawat rute domestik yang menginginkan terbang harus mempunyai surat rapid test bersama hasil non-aktif atau tes PCR bersama hasil negatif. Masing-masing surat tersebut berlaku sepanjang 14 hari pada kala keberangkatan.

  • Tidak hanya link sbobet saja yang memiliki persyaratan. Penumpang rute internasional diminta untuk menghubungi maskapai atau kedutaan negara obyek untuk persyaratan perjalanan ke luar negeri.
  • Kedatangan rute Internasional di Bandara Soekarno-Hatta harus mempunyai hasil tes PCR berasal dari negara keberangkatan. “Apabila tidak membawa, dapat ditunaikan PCR test kala tiba dan traveler dapat dikarantina hingga hasil tes keluar,” kata Awaluddin.
  • penumpang rute domestik dan internasional yang baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta harus mengisi kartu kewaspadaan kebugaran atau health alert card (HAC) melalui aplikasi e-HAC atau formulir kertas.
  • Semua penumpang diwajibkan melalui enam rute kontrol yakni:
    1. Kontrol suhu tubuh pakai thermal scanner.
    2. Kontrol surat hasil test Covid-19.
    3. Security check point untuk kontrol barang bawaan
    4. Meja check in untuk penerbitan boarding pass, dan kontrol surat hasil tes Covid-19.
    5. Penumpang melewati kontrol boarding pass untuk naik pesawat.
    6. Ada kontrol e-HAC atau HAC bagi penumpang yang baru mendarat.

Penumpang termasuk harus menaati protokol kesehatan, layaknya mengenakan masker sepanjang di bandara dan pesawat, mempunyai hand sanitizer, dan jaga jarak fisik.