Tempat Wisata di Aceh

Apa yang Anda pikirkan ketika berbicara mengenai Aceh? Kota Serambi Mekkah ini memiliki banyak potensi, mulai dari alam, wisata, budaya, sampai ke sejarahnya yang panjang. Dulu Aceh merupakan sebuah negara sendiri yang tergabung dengan kesultanan Turki Ustmani.

Provinsi ini sendiri memiliki banyak tempat wisata menarik untuk bisa dijelajahi. Seperti pantai – pantainya yang indah, air terjun, tempat untuk diving, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Aceh yang kami rekomendasikan kepada Anda.

Tempat Wisata di Aceh

1.Museum Tsunami

Pertama mari kunjungi museum Tsunami, tempat di mana kita bisa mengenang peristiwa memilukan yang terjadi di tahun 2004 lalu. Pada kala itu ratusan ribu orang tewas dan juga hilang, rumah porak poranda, hampir semua fasilitas umum rusak. Peristiwa ini tentunya sangatlah memilukan.

Ada beberapa bagian yang terdapat di museum Tsunami ini, seperti Lorong Tsunami, Ruang kenangan, Sumur doa, Lorong cerobong, dan jembatan harapan. Semua itu akan membuat kita turut merasakan kesedihan mendalam dan pastinya memberikan pengalaman baru dalam perjalanan kita.

2.Pulau Rubiah

Berikutnya ada tempat wisata di Aceh yang berada di Sabang. Pulau bernama Ruiah ini berdasarkan pada nisan yang ada di pulau ini. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas diving dan juga snorkeling yang menyenangkan. Keindahan laut bisa terlihat di pulau yang menakjubkan ini, ada setidaknya 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di pulau ini.

Indahnya terumbu karang dan keanekaragaman ikan tropis di tempat ini akan memberikan kesan yang menyenangkan, romantis, dan juga menenangkan selama Anda berlibur.

3.Masjid Raya Baiturrahman

Ketiga ada Masjid Raya Baiturrahman yang sudah mulai dibangun sejak tahun 1612. Ketika peristiwa Tsunami melanda Aceh, masjid ini merupakan tempat masyarakat untuk berlindung. Oleh karena itu masjid ini sangatlah bersejarah bagi masyarakat Aceh.

Saat ini masjid ini menjadi ikon kota Aceh, bangunan utamanya berwarna putih dengan kubah yang berwarna hitam. Untuk bangunan utamanya akan dikelilingi oleh 7 menara yang juga memiliki kubah hitam pada bagian atas. Terdapat kolam besar yang disertai dengan pancuran air dibagian depan masjid menambah kesan megah dari masjid ini.

4.Air Terjun Suhom

Air terjun Suhom merupakan tempat wisata di Aceh yang terletak di desa Suhom, KEcamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Naggoroe Aceh Darussalam. Untuk bisa mencapai tempat ini memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Tetapi sepanjang perjalanan menuju air terjung, kita akan melihat pegunungan bernama Paro dan Kulu.

Setelah sampai di air terjun ini, semua akan terasa lunas. Rasa penat seketika akan menghilang saat bermain air di air terjun ini.

5.Rumah Cut Nyak Dien

Tempat rekomendasi terakhir dari kami adalah rumah Cut Nyak Dien, jadi Anda dapat berwisata sambil mengenal sosok penting dalam sejarah. Cut Nyak Dien merupakan sosok yang dikenal sebagai salah satu pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajah di Aceh.

Di sini para wisatawan dapat melihat arsip – arsip perjuangan dari Cut Nyak Dien dalam melawan Belanda. Meski rumah ini hanya merupakan replika, karena rumah aslinya sudah terbakar di tahun 1896, masih terdapat sumur asli yang dimana bibir sumur tersebut bisa sampai ke lantai 2 rumah cut Nyak Dien.

Itulah beberapa tempat wisata yang patut dikunjungi ketika sedang berada di Aceh!

Leave a Comment