Tips Ke Bromo Menggunakan Matic!

Motor matic kini menjadi motor yang sudah dimiliki banyak orang. Banyak kelebihan yang dimiliki motor matic, salah satunya seperti lebih mudah untuk dikendarai. Tapi apakah iya motor matic digunakan touring ke Bromo?

Bisa dong, asal sudah tahu tips – tipsnya! Nah, berikut ini kami akan memberikan Tips untuk Anda yang ingin mencoba pergi ke Bromo hanya dengan menggunakan motor matic!

Ke Bromo Pakai Matic

1.Motor Matic Dalam Keadaaan Baik

Sebelum memulai perjalanan, pastikan motor matic kamu sedang dalam keadaan terbaiknya. Kalau bisa lakukan service terlebih dahulu di bengkel sebelum mulai melakukan touring jarak jauh. Perhatikan juga olinya, jika memang sudah waktunya diganti lebih baik segera diganti. Cek kondisi rem, apakah masih bisa mengerem dengan baik atau tidak.

Pastikan untuk kondisi ban serta velt motor, sekiranya sudah harus diganti atau belum. Karena jika ternyata kondisi ban sudah tipis tentunya ini akan sangat membahayakan nantinya. Juga pastikan apakah lampu sepeda motor siap untuk digunakan untuk berkendara di malam hari.

2.Pilih Rute Termudah

Terdapat 3 rute utama yang bisa Anda tempuh untuk bisa mencapai Bromo. Rute yang paling mudah untuk dilewati adalah melewati Probolinggo, rute yang akan langsung menambus ke penanjakan adalah Nongkojajar, dan rute yang paling sulit untuk ditempuh adalah rute jalur pendakian Semeru, yaitu melewati Tupang, Malang, dan Desan Ngadas.

Jalur Probolinggo merupakan jalur yang paling mudah untuk dilalui jika menggunakan motor matic. Jalannya sudah merupakan aspal dan tanjakannya tidaklah terlalu curam. Selain itu ada juga pom bensin, tepatnya di Desa Sakapura.

Sedangkan untuk pilihan rute turunnya, terdapat 2 pilihan. Turun melewati jalur yang sama dengan jalur berangkat, atau bisa memilih melewati Tumpang. Tapi ini tergantung dengan kemana kalian pulang.

3.Usahakan Berangkat dari Pagi

Biasanya orang yang pergi ke Bromo menginginkan untuk melihat matahari pagi, sehingga mereka berangkat dari malam. Tapi jika Anda ingin menikmati pemandangan sekitar daerah Bromo, mulailah perjalanan dari pagi hari saja. Jika memang ingin melihat sunrise, bisa menginap terlebih dahulu.

4.Isi Bahan Bakar Hingga Penuh

Di perjalanan menuju Bromo nanti, semakin dekat dengan Bromo maka akan semakin jarang kita melihat keberadaan tempat pengisian bahan bakar. Jadi sebaiknya usahakan motor matic Anda dalam keadaan Full Tank. Jika melewati Probolinggo ada SPBU terakhir di sana, sisanya mungkin Anda hanya bisa menemukan penjual bensin eceran.

5.Membawa Perlengkapan Darurat

Selalu membawa beberapa peralatan emergency! Apalagi jika Anda melakuakn touring sendirian. Beberapa barang yang wajib untuk dibawa adalah obat – obatan, senter, jas hujan adalah beberapa hal penting yang wajib unttuk dibawa.

Jika memungkinkan, cobalah membawa peralatan yang bisa digunakna untuk menambal ban bocor, atau setidaknya ganti bannya saja. Jadi setidaknya jika ban motor matic Anda bocor, masih bisa ditahan hingga menemukan bengkel terdekat. Selalu bawa air mineral yang cukup, jadi Anda tidak akan dehidrasi dan kehilangan konsentrasi.

Nah, itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin mencoba pergi ke Bromo hanya dengan mengandalkan motor matic. Kami sarankan untuk tidak terburu – buru pulang ketika sudah sampai di Bromo, nikmati dulu pemandangan yang ada dan rileksasikan diri.

Selain itu jika memang sudah tidak kuat, jangan dipaksakan. Lebih baik cari tempat peristirahatan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Selamat melakukan touring!

Leave a Comment