Tips Mengunjungi Candi Borobudur!

Pergi ke Magelang tidak kunjungi Candi Borobudur? Sayang sekali!. Akan sangat menyenangkan untuk bisa setidaknya sekali seumur hidup mengunjungi salah satu karya terhebat di Indonesia satu ini. Kalau memang tertarik untuk menjadikan Borobudur sebagai destinasi wisata tujuanmu, ada beberapa hal yang wajib untuk diketahui sebelum datang ke sini.

Berikut ini adalah beberapa tips ketika sedang mengunjungi Candi Borobudur.

Tips Ke Candi Borobudur

1.Menyiapkan Uang Tunai

Yang pertama harus diperhatikan adalah kamu harus menyiapkan sejumlah uang tunai. Meski kini zaman semakin maju dengan pemudahan pembayaran melalui dompet Online, tetapi sayangnya loket di Candi Borobudur tidak melayani penggunaan kartu debit atau kredit.

2.Datang Pagi Lihat Sunrise

Tempat wisata satu ini sudah mulai buka pada pukul 6 pagi, itulah saat yang tepat untuk bisa menikmati keindahan Candi Borobudur secara maksimal. Saat itu pengunjung dapat menyaksikan Sunrise yang indah dan udara sejuk di sekitar Candi Borobudur.

3.Kenyang Sebelum Masuk

Jika kamu berpikir ketika membeli tiket akan langsung melihat keindahan candi Borobudur, maka kamu salah. Karena setelah membeli tiket, kita akan diminta berjalan jauh di kompleks candi Borobudur yang sangatlah luas. Sebabnya lebih baik untuk isi perut kamu sebelum memasuki kawasan ini.

Tapi tenang, jika merasakan kelaparan di dalam, bisa menuju ke foodcourt yang ada di dalam kompleks candi Borobudur.

4.Siap Topi dan Minuman

Ketika siang hari matahari akan sangat menyengat, sebabnya disarankan untuk membawa topi serta minuman ketika berkunjung ke sini. Bawalah botol minuman yang ringan untuk dibawa, guna untuk mengurangi beban ketika berjalan-jalan di Candi Borobudur. Pastikan untuk buang sampah bekas minuman di tempat sampah, ya!

5.Tidak Membawa Barang Berbahaya

Saat memasuki wilayah Candi Borobudur akan ada beberapa pemeriksaan yang wajib dilakukan, yaitu memeriksa barang bawaan para pengunjung. Ini guna menghindari pembawaan barang tajam seperti korek api, pisau, dan lainnya.

6.Perhatikan Waktu Terbaik untuk Kunjungi Candi Borobudur

Kalau berniat untuk mengunjungi Candi Borobudur, sebaiknya datang saat tengah lob season. Misalnya seperti di bulan Maret, karena saat itu sudah jarang terjadi hujan di Indonesia. \

7. Kelilingi Kompleks Borobudur

Jika masih memiliki cukup banyak waktu ketika sedang mengunjungi kompleks Borobudur, ada baiknya untuk berkeliling sebentar. Seperti misalnya mengunjungi museum Borobudur dan Museum Samudra Raksa yang ada di kompleks Candi Borobudur. Letaknya pun satu arah dengan pintu keluar, sehingga memudahkan pengunjung untuk sekalian pulang.

Bahkan kamu bisa loh untuk memberi makan gajah yang merupakan peliharaan yang ada di Candi Borobudur. Menarik bukan?

8. Taati Aturan yang Berlaku

Sebagai tempat bersejarah, banyak aturan yang wajib ditaati ketika berada di sana, apalagi Candi Borobudur merupakan tempat ibadah untuk umat Budha. Para wisatawan diminta untuk menjaga sikap dan juga tata krama ketika sedang mengunjungi situs warisan sejarah yang dilindungi ini.

Jangan sampai merusak, berdiri di area terlarang, duduk di tempat yang tidak diperbolehkan, mencoret bangunan, dan masih banyak aturan lainnya.

9.Perhatikan Naik dan Turunnya

Untuk menaiki dan menuruni Candi Borobudur, para pengunjung akan menggunakan tangga. Karena trafficnya yang ramai, maka perlu untuk melihat arah ke mana tangga yang digunakan, naik atau turun. Ini penting, karena bisa mengurangi desak-desakan di tangga yang sempit.

Nah, itulah beberapa tips yang wajib diperhatikan jika ingin mengunjungi Candi Borobudur. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *