Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring Rombongan

Touring memang lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Apalagi jika kalian merupakan anak tour yang sudah punya geng sendiri.

Pasti akan terasa lebih asik dibandingkan dengan touring sendirian. Selain itu, touring juga merupakan kegiatan yang disukai oleh sebagian dan segerombolan orang.

Persiapkan Hal Ini Sebelum Touring

Namun, banyak orang awam yang mungkin belum pernah mencoba touring dan baru akan mencobanya. Karena baru mencoba, mungkin kalian belum begitu tahu apa saja yang harus dilakukan dan disiapkan sebelum touring berlangsung.

Untuk kalian yang berfikir demikian, jangan khawatir. Dibawah ini kami akan membagikan beberapa tips yang harus kalian perhatikan sebelum melakukan touring bersama gerombolan kalian.

Mau tau ada apa saja? Yuk langsung aja disimak dibawah ini dan segera lakukan ya!

1. Sepeda Motor

Sepeda Motor

Jika mau touring, sudah jelas kalian harus memiliki sepeda motor sebaik mngkin agar tak menyusahkan selama perjalanan. Akan lebih baik jika kalian membawanya ke tempat servis terlebih dahulu.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan ban cadangan, serta surat berkendara. Jangan lupa juga untuk mengisi bensin sampai full untuk menghindari mogok saat belum bertemu pom bensin.

2. Perlengkapan

Perlengkapan
Bawalah perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika perlu, bawalah side box atau ruang penyimpanan tambahan.

Utamakan juga keselamatan kalian dengan membawa perlengkapan seperti helm, jaket, sepatu, sarung tangan, dan jas hujan.

3. Perkakas


Jangan lupakan juga perkakas. Kalian tidak perlu membawa terlalu banyak perkakas sampai satu box besar karena akan merepotkan.

Bawalah perkakas yang sekiranya akan dibutuhkan seperti obeng. Akan lebih baik jika kalian memiliki perkakas mini yang berisi beberapa perkakas dalam satu benda.

4. Fisik

Fisik
Fisik juga merupakan salah satu yang terpenting terlebih lagi menyangkut daya tahan selama menempuh perjalanan ratusan kilometre.

Pastikan juga kalian punya ritme istirahat yang cukup selama perjalanan kalian agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

5. Tujuan dan Rute

Tujuan dan Rute
Kalau sidah merencanakan untuk touring, pastikan kalian sudah tau kemana tujuan yang akan dikunjungi dan juga rute-rutenya.

Ketahui setiap titik-titik untuk berhenti serta titik pom bensin untuk berjaga-jaga. Himpunlah informasi sebanyak-banyaknya untuk menghindari jalan yang tertutup.

Jangan lupa juga untuk menyediakan bantuan seperti google maps di HP kalian.

6. Komunikasi


Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling penting jika turing bersama rombongan. Masing-masing pengendara harus menyimpan nomor telepon rekan lain.

Gunakan juga isyarat khas seperti gerakan tangan dan kaki untuk memberi kode pada rombongan belakang.

Usahakan jangan sampai terpisah dengan rombongan agar tidak merepotkan.

7. Dokumentasi

Goreskan jejak dalam dokumentasi. Bisa berbentuk video, foto, atau mungkin jurnal jika kalian suka. Selain untuk kenangan, hal ini bisa sebagai evaluasi untuk touring-touring selanjutnya.

Namun, jangan mengambil momen tersebut sambal berkendara ya. Karena pasti akan membahayakan nyawa kalian dan teman-teman kalian.

8. Doa

Doa merupakan bagian terpenting saat melakukan touring, bahkan saat melakukan apapun, kita harus memulainya dengan doa.

Jangan lupa untuk berdoa bersama dari rumah untuk meminta perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Dengan begitu, kalian akan dijaga sampai ke tujuan touring kalian.

Itulah 8 hal yang haris kalian perhatikan dan persiapkan sebelum memulai touring. Hal-hal kecil seperti ini mungkin saja bisa berpengaruh besar terhadap touring kalian. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *