Wisata Dekat Candi Borobudur

Jika pergi ke Yogyakarta, biasanya orang – orang akan menyempatkan waktunya untuk mengunjungi Candi Borobudur yang berada di Magelang. Di sana kita dapat menikmati indahnya Candi Borobudur dan belajar mengenai sejarah dari Borobudur. Terdapat banyak juga turis datang untuk menikmati keindahan yang ada di tempat ini.

Tapi selain Candi Borobudur, masih banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi ketika berada di Magelang. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang berada di Magelang.

Tempat Wisata Magelang

1.Punthuk Setumbu

Salah satu temoat yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di Magelang adalah Punthuk Setumbu, sebuah tempat yang hanya berjarak sekitar 5 KM dari Candi Borobudur. Tempat ini memiliki medan yang jalannya menanjak dengan area perbukitan.

Punthuk Setumbu selalu ramai didatangi oleh wisatawan lokal karena keindahan alam yang ada di tempat ini. Pemandangannya memang sangat luar biasa, apalagi sunrise yang sangat cantik bisa membuat kita menjadi lebih tenang.

Perjalanan untuk menuju spot ini memang cukup melelahkan, namun segalanya sebanding dengan apa yang akan kita lihat di Puthuk Setumbu.

Berlokasi di Jl. Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Magelang – Jawa Tengah.

2.Bukit Rhema Gereja Ayam

Bagi yang pernah menonton film romantis “Ada Apa Dengan Cinta2”, ini merupakan salah satu tempat yang Cinta dan Rangga kunjungi. Hanya berjarak 4 KM dari Borobudur, jadi cukup mudah untuk bisa mencapai tempat ini.

Pemandangan yang bisa dilihat dari atas gereja ini memang sangatlah memukau, jadi jangan heran Cinta sangat terpana saat melihat pemandangan di sana.

Tempat ini berlokasi di Dusun Gombang, Kembanglimus, Jawa Tengah, Magelang – Jawa Tengah.

3.Candi Pawon & Candi Mendut

Selain Candi Borobudur, di Magelang juga terdapat Candi Pawon yang merupakan sebuah peninggalan sejarah yang harus dikunjungi. Letaknya berada di pemukiman penduduk dan biasa dikunjungi karena lokasinya yang dekat dengan borobudur dan candi mendut.

Lalu ada Candi Mendut yang disekitarnya terdapat bangunan Buddhist Manastery yang terbuka untuk umum. Di sana ada kolam yang dihiasi bunga – bunga teratai bermekaran indah. Di jalan masuknya, kita akan merasakan suasana yang nyaman dan tenang di sini.

Untuk Candi Pawon berlokasi di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang – Jawa Tengah. Sedangkan untuk Candi Mendut erada di Jl. Magelang, Sumberrejo, Mendur, Mungkid, Magelang – Jawa Tengah.

4.Pemandian Candi Umbul

Selanjutnya ada tempat pemandian yang merupakan situs purbakala, berjarak sekitar 36 KM dari Candi Borobudur. Udara yang ada di sekitar tempat ini sangatlah sejuk dan cocok untuk mandi air panas di sini.

Meski merupakan pemandian air panas, bau belerang tidak terlalu menyengat, sehingga kita dapat berendam dan menikmati khasiat dari kolam yang katanya dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit dan gatal – gatal.

Tempat ini berlokasi di Jl. Candi Umbul, Grabag, Kartoharjo, Magelang – Jawa Tengah.

5.Pinusan Kragilan

Terakhir ada Pinusan Kragilan yang merupakan sebuah wisata alam baru dan populerm berjarak 33 KM dari Candi Borobudur. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah, tempat yang sejuk, dan membuat keluarga merasa nyaman ketika mengunjungi tempat ini.

Biaya untuk bisa masuk ke tempat ini pun sangatlah murah, hanya sekitar 3 ribu rupiah saja. Untuk yang ingin mendapatkan foto bagus namun tidak memiliki kamera profesional, bisa menyewa jawa tukang foto yang ada di sana.

Pinusan Kragilan berlokasi di Pogalan, Pakis, Magelang – Jawa Tengah.

Itulah beberapa tempat wisata yang berada di sekitar Candi Borobudur, semoga perjalananmu menyenangkan!

Leave a Comment