Wisata Jogja Murah Dan Keren Abis

Siapa sih yang gak tahu Jogja? Kota yang berada di Jawa Tengah ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur.

Jogja atau Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata utama bagi banyak warga Indonesia setelah Bali. Kota ini juga sangat istimewa sesuai dengan namanya karena masih memiliki keluarga kerajaan.

5 Wisata Seru Di Jogja

Selain candi, kalian juga bisa mendatangi berbagai tempat tujuan wisata lainnya, baik wisata alam budaya, wisata belanja, maupun wisata kuliner.

Kalian akan butuh waktu cukup lama untuk explore Jogja, gabakal cukup kalau cuman nginep 1-2 hari aja.

Nah, penasaran kan ada apa saja di Jogja? Yuk simak dibawah ini.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi yang termasuk kedalam daftar Warisan Dunia UNESCO ini merupakan candi terbesar dan terlengkap di dunia.

Dilihat dari atas, bentuk candi ini menyerupai bunga teratai yang sangat indah jika dilihat pada saat matahari terbit atau terbenam.

Candi ini sebenarnya masuk kedalam wilayah Magelang, Jawa Tengah. Tetapi, wisatawan yang liburan ke Jogja seringkali memasukan Candi Borobudur sebagai salah satu tempat tujuan mereka.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi lainnya yang juga terkenal. Letaknya sekitar 17Km dari pusat kota Yogyakarta. Candi ini juga merupakan relief Hindu terbesar di Indonesia.

Candi ini memiliki relief yang menceritakan kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana. Disini juga sering digelar pertunjukkan Rama Shinta.

Hari-hari biasa pertunjukkan ini digelar di dalam ruangan, pada malam purnama pertunjukkan hampir selalu digelar diruangan terbuka dengan lata belakang Candi Prambanan.

Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, maka banyak transporatsi umum yang disediakan untuk menuju tempat ini. Jadi, kalian tidak usah pusing tentang bagaimana cara untuk datang kesini.

3. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Di Jogja juga ada pantai yang bisa kalian gunakan untuk snorkeling loh. Namanya adalah Pantai Nglambor. Disini terdapat laguna dengan air yang cukup tenang.

Selain itu, terdapat juga beberapa spot unik yang asyik untuk digunakan sebagai latar berfoto. Kalian juga bisa menyebrang ke pulau kecul menggunakan jembatan tali.

4. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Sumber “https://www.yogyes.com/en/yogyakarta-tourism-object/other/malioboro/”

Jalan yang paling terkenal di Jogja adalah Jalan Malioboro. Sepanjang jalan ini terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, dari pakaianm kerajinan tangan sampai makanan.

Salah satu hal yang khas mengenai Malioboro adalah penjual makanan lesehan yang buka setah jam 5 sore. Jalanan ini akan ramai pada malam hari karena di beberapa tempat akan ada beberapa group pemusik jalanan yang siap menghibur kalian.

Selain itu, dijalan ini juga kalian bisa menemukan beberapa orang yang mengenakan berbagai macam kostum yang bersedia difoto tanpa bayaran.

Jalanan ini memang unik dan menarik untuk dikunjungi. Kalian yang mencari wisata Jogja malam hari juga bisa berjalan-jalan santai disini.

5. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Salah satu wisata tempat di Kaliurang yang wajib ini harus kalian kunjungi. Museum Gunung Merapi ini diresmikan pada tahun 2009, dan terletak sekitar 5 Km dari Kaliurang.

Museum ini merupakan sarana pendidikan dan informasi mengenai kegunungapian dan bencana geologi lainnya. Di tempat ini juga di pamerkan karya seni yang melukiskan dongeng asal muasal merapi.

Tempat ini juga seringkali dijadikan sebagai spot foto para wisatawan yang datang berkunjung karena memang memiliki estetika yang sangat indah.

Itulah 5 destinasi wisata yang harus kalian kunjungi saat datang ke Jogja. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen jalan-jalan kalian dengan mengambil foto.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Selamat liburan!

Leave a Comment